Job Description

| 08-06-2015   15:50:48 WIB

Tugas Pokok dan Fungsi

 

1. Direktur Keuangan dan Perencanaan

Membantu Rektor dalam Melaksanakan tugas–tugas direktorat keuangan dan perencanaan sesuai dengan ketentuan perundang–undangan yang berlaku guna terwujudnya system keuangan dan perencanaan yang komprehensif untuk kepentingan kelancaran operasional Universitas.

  • Bertanggungjawab dalam menyusun buku pedoman perencanaan dan keuangan serta SOP terkait.
  • Menyusun RKAT dan program kerja direktorat.
  • Menyusun juklak dan juknis dibidang keuangan dan perencanaan serta menyebar-luaskannya.
  • Mengkompilasi RKAT sebagai penjabaran Renstra Universitas.
  • Memfasilitasi dan mengkoordinasi penyusunan Renstra unit-unit Universitas.
  • Melaksanakan system penerimaan dan pengeluaran keuangan Universitas.
  • Mengembangkan dan mengelola keuangan Universitas.
  • Melaksanakan, mengembangkan dan memelihara system keuangan, akuntansi dan perencanaan Universitas.
  • Melaksanakan administrasi penganggaran, pengalokasian, monitoring dan evaluasi penggunaan dana.
  • Melaksanakan verifikasi sebagai pengendalian pelaksanaan anggaran Universitas.
  • Menyelenggarakan pembinaan dan dukungan teknis kemampuan perencanaan program kegiatan, perencanaan program pengembangan dan perencanaan program pembiayaan bagi semua unit di Universitas.
  • Memonitoring dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan perencanaan dan pengembangan.
  • Menghimpun laporan keuangan dari seluruh unit di Univetsitas.
  • Menyusun laporan keuangan dn konsolidasi Universitas secara periodik.
  • Mengkoordinir pemyusunan laporan Dies natalis setiap bulan april bersama dengan bidang-bidang terkait.
  • Memastikan penerimaan dan pengeluaran sesuai dengan ketentuan dan dapat dipertanggungjawabkan.
  • Bertanggungjawab atas dokumen pertanggungjawaban dari seluruh penerimaan dan pengeluaran pada rekening bank Universitas Ubudiyah Indonesia.
  • Bertanggungjawab atas pelunasan seluruh tagihan Universitas Ubudiyah Indonesia pada pihak ketiga.
  • Menjamin pimpinan mendapatkan laporan pendapatan dan pengeluaran bulanan setiap akhir bulan dan laporan internal setiap tiga bulan untuk bank yang ditunjuk.
  • Menjamin tersusunnya taksiran penerimaan dan pengeluaran dua kali dalam setahun setiap awal semester.
  • Menjamin tersusunya laporan akhir tahun per 31 desember dan disajikan valid kepada rektor dan yayasan sesuai dengan standard akuntanis keuangan.
  • Bertanggunjawab membangun hubungan baik dengan bank dan rekanan yang ditunjuk.
  • Bertanggunjawab meningkatkan pendapatan Universitas dengan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait.
  • Bertanggungjawab tersusunya rencana strategis dan program kerja setiap bagian tepat pada waktunya.
  • Bertanggungjawab memonitoring dan mengawasi penggunaan anggaran sesuai dengan perencanaan yang diusulkan.
  • Menjamin tersusunya LAKIP setiap akhir tahun sesuai dengan ketentuan dan tepat pada waktunya.
  • Menjamin tersusunya rencana anggaran setiap tahun sesuai dengan pedoman dan waktu yang ditetapkan.
  • Menjamin tersusunya laporan kinerja tahunan seluruh bagian.
  • Tugas-tugas lain sebagaimana ditugaskan dan diperlukan dalam operasional.

 

2. Adm Akuntansi dan Perpajakan

Menghasilkan Informasi keuangan Perusahaan yang dapat diandalkan oleh pengguna laporan, terutama kepada atasan langsung yaitu Direktur Keuangan dan Perencanaan. Selain itu juga bertanggung jawab atas terselenggaranya administrasi penyimpanan dokumen transaksi dan perpajakan yang rapi dan benar, termasuk pada persiapan pembayaran.

  • Bertanggung jawab atas penerimaan dan pemeriksaan kelengkapan dokumen/bukti transaksi guna mendukung pencatatan data akuntansi, serta pengarsipan dokumen/bukti transaksi tersebut, dan bukti pendukungnya secara rapi.
  • Bertanggung jawab atas terselenggaranya pencatatan transaksi, baik pada jurnal umum maupun pada jurnal memorial, serta penempatan catatan/jurnal tersebut sesuai akun-akunnya pada buku besar dan buku besar pembantu.
  • Menyelenggarakan rekonsiliasi atas saldo bank, hutang dan piutang Universitas.
  • Membuat daftar asset tetap, dan bersama dengan Direktur Keuangan & Perencanaan menyepakati besarnya penyusutan yang akan dibebankan tiap periodenya, serta menerima hasil pemeriksaan fisik aset dari bagian pengelola aset secara rutin untuk diperbarui dan direkonsiliasikan dengan pencatatan di bagian ini.
  • Membuat kartu hutang dan piutang guna secara rutin dapat memantau Posisi umur kewajiban (Aging Schedule–hutang) Universitas atas Invoice yang diberikan oleh Supplier ataupun pinjaman yang telah dilakukan oleh Universitas kepada instansi lain.
  • Bersama dengan bendahara mengevaluasi dan menggabungkan anggaran (Budgeting) secara periodik ataupun atas setiap pengajuan laporan progress anggaran yang diterima dari bagian–bagian lain.
  • Memastikan Pelaporan Laporan Keuangan dapat dihasilkan secara tepat waktu dan sesuai dengan Standard Akuntansi Keuangan yang berlaku di Indonesia (SAK ETAP).
  • Tugas-tugas lain sebagaimana ditugaskan dan diperlukan dalam operasional.

 

3. Adm Keuangan – Pengeluaran

Melaksanakan tugas–tugas sebagai bendahara pengeluaran sesuai dengan ketentuan perundang–undangan yang berlaku guna kepentingan kelancaran operasional Universitas. Melaksanakan tugas–tugas sebagai bendahara pengeluaran sesuai ketentuan perundang–undangan yang berlaku.

  • Mengelola anggaran sesuai Daftar Isian Pengguna Anggaran.
  • Melaksanakan rencana kegiatan unit kerja yang telah ditetapkan dalam RENSTRA.
  • Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan dan keuangan yang menjadi tanggung jawab di unit kerja.
  • Menyusun laporan hasil pelaksanaan kegiatan unit kerja.
  • Melakukan penarikan dana bank sesuai dengan kebutuhan Universitas.
  • Melakukan pembayaran kewajiban Universitas tepat waktu.
  • Melakukan monitoring seluruh pengeluaran Universitas baik yang bersifat Auto Debet rekening bank maupun yang ditarik/dibayarkan langsung.
  • Menyiapkan bahan penyusunan rencana pengeluaran, membukukan dan melaporkan realisasi pengeluaran Universitas.
  • Meneliti kelengkapan dokumen perintah pembayaran yang diterbitkan oleh Universitas.
  • Menguji kebenaran perhitungan tagihan yang tercantum dalam perintah pembayaran.
  • Menyediakan uang persediaan dan merencanakan penarikan dana sesuai dengan kebutuhan operasional Universitas.
  • Menyiapkan surat permintaan pembayaran.
  • Melakukan pembayaran setelah mendapat persetujuan dari Rektor Uniersitas.
  • Menyampaikan seluruh dokumen pengeluaran kepada bagian akuntansi untuk dibukukan dan diarsip.
  • Tugas-tugas lain sebagaimana ditugaskan dan diperlukan dalam operasional.

 

4. Adm keuangan–Penerimaan

Melaksanakan tugas–tugas sebagai bendahara penerima sesuai dengan ketentuan perundang–undangan yang berlaku guna menerima, menyimpan, menyetorkan, menatausahan, dan mempertanggung jawabkan uang pendapatan Universitas baik Penerimaan Umum maupun Penerimaan investasi dan lainnya. Melaksanakan tugas–tugas sebagai bendahara penerima sesuai ketentuan perundang–undangan yang berlaku.

  • Menerima, menyimpan, menyetorkan, menatausahakan, dan mempertanggungjawabkan uang pendapatan.
  • Melaksanakan rencana kegiatan unit kerja yang telah ditetapkan dalam RENSTRA.
  • Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan dan keuangan yang menjadi tanggung jawab di unit kerja.
  • Menyusun laporan hasil pelksanaan pelaksanaan kegiatan unit kerja.
  • Melakukan penagihan atas seluruh tagihan Universitas kepada pihak ketiga.
  • Melakukan monitoring seluruh penerimaan Universitas baik yang bersifat Auto Credit rekening bank maupun yang diterima/disetor langsung.
  • Menyiapkan bahan penyusunan rencana penerimaan, membukukan dan melaporkan realisasi penerimaan Universitas.
  • Menyampaikan seluruh dokumen pengeluaran kepada bagian akuntansi untuk dibukukan dan diarsip.
  • Tugas-tugas lain sebagaimana ditugaskan dan diperlukan dalam operasional.